Reuse Special Interest Group

Reuse Special Interest Group merupakan gabungan berbagai organisasi yang mendorong terbentuk dan dijalankannya sistem guna ulang yang menyeluruh di Indonesia. Terbentuk pada tahun 2022 oleh Dietplastik Indonesia, Enviu, Siklus dan P4G, Reuse Special Interest Group memiliki misi mempromosikan sistem penggunaan kembali melalui pengembangan bersama standar penggunaan kembali, peningkatan kapasitas bagi wirausahawan penggunaan kembali, dan memperkuat pendirian negara mengenai sistem penggunaan kembali dalam Perjanjian Plastik Global.

Salah satu pencapaian yang dilakukan oleh Reuse Special Interest Group adalah mendorong dikeluarkannya kebijakan terkait produk guna ulang, yang mana disambut dengan dikeluarkannya Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (PerBPOM) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pembuatan dan Peredaran Kosmetik dimana menyebutkan tentang ketentuan beberapa jenis kosmetik isi ulang.

Reuse Special Interest Group juga telah mengeluarkan dokumen “Recommendations to a Zero Draft Global Plastic Treaty” kepada pemerintah Indonesia untuk dapat memperkuat solusi guna ulang dalam Perjanjian Plastik Global¬†

Tiza Mafira

Executive DirEctor

Tiza has led Diet Plastik Indonesia, and co-founded it, since 2013. She feels grateful that the environmental law knowledge she learned in college can be used to make changes. In her spare time, Tiza enjoys making doll houses out of cardboard for her children and doing water sports. Tiza is an alumna of the Faculty of Law, University of Indonesia (2002) and Harvard Law School (2010).

Tiza Mafira

Executive DirEctor

Tiza memimpin Dietplastik Indonesa, dan turut mendirikannya, sejak 2013. Ia merasa bersyukur ilmu hukum lingkungan yang dipelajarinya ketika kuliah dapat digunakan untuk membuat perubahan. Pada waktu senggang, Tiza senang membuat rumah boneka dari kardus untuk anak-anaknya dan melakukan olahraga air. Tiza adalah alumna Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2002) dan Harvard Law School (2010).